Langsung ke konten utama

Buku bagus buat para remaja (SMA dan MABA)

Sekarang ini saya sedang baca satu buku tentang waktu. buku itu mengajak kita-anak seusia SMA untuk bagaimana seharusnya kita sebagai manusia memanfaatkan setiap kesempatan yang ada di umur yang sangat sulit bagi sebagian remaja khususnya mahasiswa baru. Katanya masa MABA (mahasiswa baru) itu adalah masa paling membingungkan, penuh dengan kecemasan, kemalasan dan lain-lain. Bukunya keren.. bukan cuma membahas tentang problema yang terjadi di kalangan mahasiswa baru yang berurusan dengan cita-citanya yang tiba-tiba berubah karena keadaan lingkungan, tapi buku itu juga ngasih kita pencerahan supaya kita ngerti bagaimana harus mengatasinya. Cocok juga buat anak SMA.

Ini judul bukunya, sekaligus referensinya:

Time of your life: Bagimu, masa muda hanya sekali


by
"Setiap bunga akan mekar ketika saatnya tiba; forsythia, kamelia, dan bunga-bunga lain. Bebungaan itu tahu kapan mereka akan mekar; tidak seperti kebanyakan dari kita yang selalu ingin mendahului yang lain. Apakah kamu merasa tertinggal dari teman-temanmu? Apakah kamu merasa telah menyia-nyiakan waktu sementara teman-temanmu mulai melangkah menuju kesuksesan? Jika kamu berpikir demikian, ingatlah bahwa kamu memiliki masa mekarmu sendiri, begitu juga dengan teman-temanmu. Musimmu belum datang. Namun, ia pasti akan datang ketika kuncupmu terbuka. Mungkin kuncup itu mekar lebih lama dari yang lain, tetapi ketika sampai pada waktunya, kamu akan mekar dengan begitu indah dan menawan seperti bebungaan lain yang telah mekar sebelum dirimu. Jadi, angkatlah kepalamu dan bersiaplah menyambut musimmu. Ingat, kamu begitu menakjubkan!"

Rando Kim, profesor dan mentor terbaik di Seoul National university memberikan nasihat-nasihat terbaiknya bagi para remaja dan kaum muda masa kini yang dibuat frustasi oleh tuntutan keluarga, masyarakat, dan pergaulan. Pertama kali dipublikasikan pada 24 Desember 2010 di Korea, buku ini telah menduduki peringkat pertama dalam daftar buku bestseller selama tiga minggu setelah diterbitkan dan memecahkan rekor penjualan satu juta kopi hanya dalam waktu delapan bulan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Cara Berhenti Merokok

   1. Belilah merk rokok yang harganya murah dan kualitas pas-pasan. Biasanya kalau orang yang sudah terbiasa merokok dengan rokok enak, dan suatu saat merokok dengan rokok yang tidak enak akan merasa gatal di tenggorokan dan seperti gak ada rasa di lidah, hambar. Diharapkan ini dapat mengurangi intensitas merokok. Selain itu, biasanya orang akan malu merokok di tempat umum jika rokoknya rokok murahan, jadi kalau mau merokok harus cari tempat yang sepi, beda jika rokoknya merk mahal. Dengan santainya, kebul-kebul di tempat umum.